Review Scarlett Whitening Acne Series - Rahasia Cantik Kulit Sensitif dan Berjerawat

Hai, Kaum Elitz. Adakah dari kalian yang mempunyai masalah kulit, seperti jerawat atau bruntusan? Kalau iya, mungkin pengalamanku dalam menggunakan Scarlett Whitening Acne Series cocok untuk kalian jadikan sebagai bahan referensi. Well, dalam tiga minggu ini aku harus di rumah saja karena sedang karantina mandiri di rumah. Selama itu pula aku harus memakai masker dan membuat beberapa jerawat bermunculan.

Sebenarnya sih aku sudah tiga tahun memakai skincare, tetapi aku merasa belum menemukan skincare yang cocok untuk kulit wajahku. Makanya ketika ada tanda-tanda jerawat akan muncul, aku langsung panik. Aku cepat-cepat konsultasi ke salah satu temanku dan dia menyarankan untuk pakai Scarlett Whitening Acne Series. 

Saat disarankan produk ini, aku sontak berkata, "Loh, wajahku kan bukan tipe yang mudah berjerawat. Masa pakainya yang acne?" Namun, temanku bilang kalau produk ini bukan hanya untuk kulit berjerawat, tetapi juga untuk kulit sensitif.

Nah, karena kulitku memang sensitif, yang kalau ada kandungan yang tidak tepat langsung bereaksi, aku mulai tertarik dengan produk ini. 

Awalnya aku masih ragu untuk membeli Scarlett Whitening Acne Series karena risikonya cukup besar untuk kulitku yang mudah rewel ini. Takutnya malah breakout. Lalu aku cari tahu kandungan di dalam Scarlett Whitening Acne Series. Ternyata produk ini cukup aman karena bebas dari Mercury dan Hydroquinon, serta sudah teregristrasi di BPOM. Aku juga mencari tahu zat aktif di dalamnya karena bisa saja ada yang tidak cocok di kulitku. Tapi, Alhamdulillah, semuanya bagus dan tidak ada yang memicu iritasi pada kulit.

Oh, iya, kalau ingin beli skincare, jangan lupa kenali kandungan di dalamnya ya. Karena tidak semua kandungan skincare cocok di kulit kita. Kita perlu mengenali jenis kulit kita. Karena beda jenis kulit, beda juga zat yang dibutuhkan oleh kulit. Untuk kulitku yang sekarang sih termasuk normal dan cenderung sensitif, jadi aku menghindari produk yang mengandung alcohol dan parfume

Akhirnya karena merasa yakin dengan rangkaian produk dari Scarlett Whitening Acne Series, aku langsung beli produknya di official store Shopee.

Review Scarlett Whitening Acne Series

Biasanya step dalam memakai skincare adalah facial wash, toner, moisturizer/cream, serum, dan sunscreenScarlett Whitening Acne Series memiliki produk facecare yang cukup lengkap, yaitu facial wash, serum, day cream, dan night cream. Karena aku memilih produk acne series, maka aku dimanjakan dengan warna ungu yang terkesan elegan dan cantik dipandang. Eits, tapi tidak semuanya berwarna ungu ya. Karena facial wash-nya didominasi dengan warna pink dan putih, serta tidak dibedakan menurut jenis kulit karena facial wash ini cocok untuk semua jenis kulit.

Produk Scarlett Whitening Acne Series
Scarlett Whitening Acne Series

Scarlett Whitening Facial Wash 

Penggunaan facial wash tidak boleh di-skip dalam daily routine skincare. Karena dalam satu hari ada banyak aktivitas yang kita lakukan, sehingga membuat debu-debu menempel di wajah. Bayangin deh jika debu-debu itu tidak kita bersihkan dengan baik, pasti akan membuat wajah kita jadi kotor dan kelamaan memunculkan jerawat.

Dalam menggunakan facial wash, aku memilih produk yang bebas dari alkohol dan parfum karena sangat sensitif dengan kedua bahan itu. Lalu juga harus bebas dari Sodium Lauryl Sulfate (SLS) karena dapat membuat kulit seperti ketarik.

Kesan pertama ketika melihat facial wash dari Scarlett adalah facial wash ini lucu banget. Botolnya berbentuk tabung yang transparan dan kita dapat melihat petal bunga mawar di dalam facial wash itu. Menurutku sih, facial wash ini sangat cantik dan lain daripada yang lain. 

Ketika facial wash dituangkan ke tangan, akan terlihat bahwa facial wash ini memiliki tekstur yang cair seperti gel. Dan ketika diaplikasikan ke wajah, facial wash ini tidak berbusa karena sifatnya gentle. Aku sendiri lebih suka facial wash yang tanpa busa karena lebih dapat menjaga kelembapan kulitku.

Tekstur Facial Foam Scarlett Whitening Acne Series
Tekstur Facial Foam Scarlett Whitening

Scarlett Whitening Facial Wash memiliki berat 100 ml dengan kandungan di dalamnya, antara lain:

1. Glutathione: Meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit, memberikan perlindungan dari radikal bebas, serta mencerahkan kulit.

2. Vitamin E: Melembapkan kulit, membantu mengatasi peradangan, dan menenangkan kulit.

3, Rose Petals: Menyegarkan kulit wajah.

4. Aloe Vera: Menenangkan kulit dan meredakan peradangan pada kulit, serta melembapkan dan menghaluskan kulit wajah.

Efek dari facial wash ini ternyata di luar ekspetasiku. Benar-benar enggak bikin wajah ketarik, kulit pun terasa lebih lembab. Aku merasa segar setelah cuci muka dan kulitku menjadi halus seketika. 

Acne Serum

Di antara produk Scarlett lainnya, serum menjadi produk yang cukup terkenal dan dicari banyak orang. Pertama kali aku mengetahui tentang serum ini karena banyak yang me-review-nya di Instagram. Aku jadi penasaran dengan produk yang terbilang bagus ini, tetapi belum ada kesempatan untuk mencobanya. Dan akhirnya aku nekad mencoba sekarang.

Sebenarnya Scarlett mengeluarkan dua varian serum, yaitu Brighly Ever After Serum dan Acne Serum. Kedua serum ini memiliki fungsi yang berbeda.

Brighly Ever After Serum untuk meningkatkan kelembaban dan elastisitas kulit, membantu mencerahkan kulit dan memudarkan bekas bekas jerawat, menyamarkan pori-pori, garis halus, serta mengencangkan kulit wajah.
Acne Serum untuk melembabkan dan menghidrasi kulit, menyamarkan pori-pori dan garis halus pada wajah, juga membantu meredakan peradangan jerawat dan menyembuhkan jerawat.

Kedua serum ini memang memiliki keunggulan masing-masing yang baik untuk wajah dan bisa dipilih sesuai kebutuhan kulit. Oh, iya, perlu diingat bahwa kedua serum ini memiliki ciri khas tersendiri. Warna pink untuk Brighly Ever After Serum, sedangkan ungu untuk Acne Serum.

Dari kedua serum tersebut, aku memilih untuk menggunakan Acne Serum karena cocok untuk jenis kulitku yang cenderung sensitif. Botolnya seperti botol serum pada umumnya, yaitu menggunakan botol kaca dan terdapat sebuah pipet untuk mengambil serumnya. Produk ini memiliki berat 15 ml dan bertekstur cair, sehingga mudah meresap ke kulit.

Tekstur Scarlett Whitening Acne Serum
Tekstur Scarlett Whitening Acne Serum

Berdasarkan fungsinya yang memang dikhususkan untuk meredakan jerawat pada kulit, produk ini memiliki kandungan yang sangat aman karena terbebas dari Mercuri dan Hydroquinon, non-alcohol, fragrance free, serta cruelty free. Bahan aktif pada serum ini, antara lain.

Tea Tree Leaf Water, Salycilic Acid, Jeju Centella Asiatica, Liquorice Extract, dan Vitamin C.

Ketika serum ini diaplikasikan ke kulit, kita akan merasakan sensasi kelembapan yang cukup menenangkan kulit. Beberapa hari menggunakan serum ini, membuat jerawatku yang hendak muncul menjadi kalem dan kempes. Aku pun merasa wajahku menjadi sangat lembab dan glowing

Acne Cream

Seperti produk serumnya, Scarlett memiliki dua varian untuk cream. Brightly untuk mencerahkan wajah dengan kemasan berwarna pink, sedangkan Acne Cream untuk proses penyembuhan jerawat yang cocok untuk kulit kering dan sensitif dengan kemasan berwarna ungu. Namun, berbeda dari Acne Serum yang hanya memiliki satu varian untuk pagi dan malam, Acne Cream memiliki varian day cream dan night cream yang penggunaannya disesuaikan dengan masing-masing waktunya.

Acne Cream Day

Berdasarkan namanya, krim ini hanya dapat digunakan di pagi hari sebelum melakukan aktivitas sehari-hari. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu mengambil krim secukupnya dan mengaplikasikannya pada wajah yang bersih dan kering. Kemudian pijat lembut agar mudah terserap oleh wajah. Untuk hasil maksimal, aku menggunakan Acne Cream Day setelah mengaplikasikan Acne Serum ke wajah.

Krim ini memiliki berat 30 gram yang dibalut dengan botol kaca, sehingga terasa lebih berat. Meskipun begitu, kemasan krim ini terlihat elegan dan mewah dipandang. Mengenai tekstur, Acne Cream Day memiliki tekstur yang lebih cair dari Acne Cream Night, dengan warna yang sama-sama putih pekat. 

Scarlett Whitening Acne Cream Day
Scarlett Whitening Acne Cream Day

Tekstur Scarlett Whitening Acne Cream Day
Tekstur Scarlett Whitening Acne Cream Day

Ketika pertama kali mencoba Acne Day Cream, aku cukup tidak nyaman dengan baunya. Sedikit kurang soft di hidungku. Namun, ketika mencobanya, hasilnya luar biasa. Kulit terasa lebih kenyal dan lembut. Dan ketika melihat zat aktif pada produk ini, aku merasa cukup puas.

1. Double Action Salicylic Acid, bekerja paling baik untuk penyembuhan jerawat dan mencegah kemunculan jerawat pada wajah.

2. Natural Squalane, meningkatkan hidrasi sehingga kulit tampak lebih cerah dan sehat.

3. Hexapeptide-8, membantu mengurangi kerutan.

4. Natural Vitamin C, untuk antioksidan dan melindungi sel kulit dari kerusakan radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar UV.

5. Triceramide, membanru melembapkan kulit, antu penuaan dan antikerut.

6. Aqua Peptide Glow, meningkatkan hidrasi kulit persepsi kulit bersinar.

Aku cukup kaget dengan pemakaian jangka panjang krim ini karena semakin lama semakin membuat kulit lembap. Berbeda dari pengalamanku menggunakan produk lain yang kelembapan ini hanya bertahan beberapa waktu, Acne Day Cream memberikan kelembapan selama berjam-jam dan membuatku merasa bangga pada kelembapan itu.

Acne Cream Night

Krim ini tidak jauh berbeda dengan Acne Cream Day karena digunakan untuk menyeimbangkan pemakaian skincare pada pagi hari. Krim ini digunakan sewaktu malam hari dan setelah beraktivitas untuk meregenerasi kulit. Acne Cream Night memiliki tekstur yang lebih kental dari Acne Cream Day karena mengandung pelembap yang lebih banyak untuk memperbaiki tekstur kulit secara maksimal.

Scarlett Whitening Acne Cream Night
Scarlett Whitening Acne Cream Night

Tekstur Scarlett Whitening Acne Cream Night
Tekstur Scarlett Whitening Acne Cream Night

Acne Cream Night mengandung zat aktif, antara lain:

1. CM Acnatu, berperan sebagai anti-bacterial alami dan anti-inflamasi yang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat.

2. Natural Squalane, meningkatkan hidrasi sehingga kulit tampak lebih cerah dan sehat.

3. Hexapeptide-8, membantu mengurangi kerutan.

4. Triceramide, membanru melembapkan kulit, antu penuaan dan antikerut.

5. Poreaway, mengencangkan pori-pori.

6. Natural Vitamin C, untuk antioksidan dan melindungi sel kulit dari kerusakan radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar UV.

7. Aqua Peptide Glow, meningkatkan hidrasi kulit persepsi kulit bersinar.

Lagi-lagi aku kurang menyukai bau dari krim ini. Namun, dengan beratnya 30 gram, krim ini cukup memberikan hasil maksimal. Ketika aku bangun di pagi hari, kulitku terasa lebih lembab dan sehat. Hal ini menandakan bahwa Acne Cream Night mampu meregenerasi kulitku dengan baik.

Kesimpulan

Setelah menggunakan rangkaian produk dari Scarlett Whitening Acne Series, aku merasa kulitku jauh lebih baik. Sejauh ini, tidak ada bruntusan yang muncul akibat pemakaian Scarlett Whitening Acne Series. Bahkan jerawat kecil yang hendak muncul, menjadi memudar, Kulitku menjadi lebih halus dan tampak cerah. Aku jadi sangat menyukai produk Scarlett dan ingin terus melanjutkan pemakaian produk Acne Series.

Before After Pemakaian
Before After Scarlett Whitening Acne Series

Hasil Pemakaian Scarlett Whitening Acne Series
Hasil Pemakaian Scarlett Whitening Acne Series

Oh, iya, untuk yang tertarik membeli Scarlett Whitening, kalian dapat membelinya di Official Store Scarlett Whitening dengan harga Rp 75.000 untuk masing-masing produknya.

Semoga bermanfaat.

Fela Khoirul
Seorang gadis penuh teka-teki yang sedang berusaha menjadi lebih baik, melalui tulisannya. Memiliki ketertarikan pada skincare, mental health, dan relationship.

Related Posts

Posting Komentar