Alasan Ngeblog - Big Why Blogging

4 komentar

Ditanya mengenai alasan menulis, pasti seseorang memiliki alasan masing-masing di balik kegemaran menulisnya. Dari mulai iseng-iseng, curhat terselubung, mengisi waktu luang, ataupun mencari penghasilan tambahan. Untukku sendiri, menulis lebih daripada itu. Menulis adalah bagian dari diriku, yang dapat membuatku merasa hampa ketika lama tidak menulis. Aku suka sekali menciptakan tulisan, meski kadang merasa lelah karena terlalu memaksakan diri untuk menulis.

Jujur, menulis blog bukanlah hal yang aku inginkan pada awalnya. Dulu aku hanya terjebak pada salah satu komunitas yang aku ikuti, Komunitas One Day One Post (ODOP) namanya. Karena pada awalnya aku hanya ingin mengikuti tantangan menulis setiap hari di komunitas ini. Namun, tidak aku sangka jika harus menulis di blog.

Bagaimana rasanya? Nano-nano dong. Kaget, tetapi menantang. Dan tentunya membuatku belajar banyak hal.

Sekarang sih aku sangat menikmati menulis di blog, dibanding harus menulis novel di Wattpad. Kalau kata temanku, aku sangat bebas ketika menulis nonfiksi, tetapi sedikit kaku di fiksi.


Alasan Ngeblog

Apa kelebihan Blog dibanding platform lainnya?


1.    Tampilannya Menarik

        Jika kalian pernah menjelajahi platform lain selain blog, pasti kalian dapat melihat kalau tampilan postingan di sana cukup terbatas. Pencariannya pun harus bedasarkan kata kunci yang kita ketahui. Namun, kalau di blog, kita bisa melihat label tulisan. Jadi, tinggal klik, terus muncul deh postingan tentang label itu. Ya, sebenarnya ini enggak begitu berpengaruh ya. Tapi, kalau kita ingin menjelajahi tema tulisan, ini jauh lebih menyenangkan daripada searching kata kunci. Karena bisa dibayangin dong betapa banyak waktu yang harus kita keluarkan untuk serach dan delete kata kunci jika result-nya kurang sesuai dengan keinginan kita.

2.    Space-nya lega

        Pasti setuju ‘kan kalau menulis di blog itu lebih memunculkan ruang yang memanjakan mata kita? Terus kalau mau pindah dari satu postingan ke postingan lain, juga cukup menyenangkan. Artikel yang ditampilkan oleh blog pun enggak dibatasi. Mau puluhan, ribuan, atau jutaan, semua terserah kita. Tapi kalau mau nulis jutaan, mungkin butuh waktu bertahun-tahun ya.

3.    Bergengsi

         Kalau kita butuh informasi, ke mana kita akan pergi? Pasti ke mesin pencarian Google, ‘kan? Artinya, blog menjadi pencarian informasi paling dipercaya oleh pengguna internet. Apalagi dengan domain yang bermacam-macam dan berbayar, membuat penulis blog tidak terkesan main-main dalam menciptakan sebuah tulisan. 

4.    Menghasilkan Uang

          Kalau tulisan kita bagus dan mempunyai banyak pembaca, bisa menghasilkan sejumlah uang juga loh. Tapi, isinya harus bermanfaat dan enggak sekadar curhat ya. Dan jangan lupa juga, perhatikan ketentuan ngeblog. Jangan sampai tulisan kita sudah berbobot, tetapi kita asal-asalan waktu ngeblog. Bisa enggak terlalu menghasilkan.

Kelebihan Blog

        Selain empat hal di atas, masih banyak keuntungan menggunakan blog dibanding platform lainnya. Tapi, karena aku menulis dari yang aku ketahui, aku cuma cantumin empat hal itu.

Nah, kalau sudah tahu keuntungan blog, mari beralih ke alasan ngeblog. Kenapa sih seseorang mau ngeblog? Bukannya cape ya nulis mulu, bisa-bisa waktu habis di depan laptop aja. Emang waktunya banyak? Terus yakin tuh menghasilkan? Buat menjawab itu, aku akan bagi alasan ngeblog versi aku.


6 Alasan Mengapa Harus Ngeblog


1.    Melatih Konsistensi Menulis

        Buat aku sendiri, menulis di blog awalnya adalah sebuah challenge. Aku belum bisa konsisten menulis di blog, seperti blogger lainnya. Tapi, aku selalu belajar untuk bisa konsisten. Karena konsisten bukan soal waktu, tetapi niat kita untuk menyelesaikan sebuah tulisan.

        Sebelumnya aku punya sebuah prinsip.

Jangan memulai sesuatu yang tidak yakin akan diselesaikan. Lebih baik tidak mencoba kalau tidak yakin, daripada harus mengkhianati diri sendiri.

         Prinsip itu sering menemaniku dalam menulis, sampai aku menjadi kurang action. Lama-lama aku sadar bahwa prinsip itu membuatku menjadi kurang berkembang, alias stuck di tempat. Jadi, untuk mengubah itu, aku berusaha tetap menulis, meski sedang sibuk.

        Kalau mau konsisten, latihan dulu dari yang kecil. Lama-lama juga kebiasa dan bisa.

2.    Membagikan Pengalaman ke Banyak Orang

        Orang berbagi bukan karena dia paling bijak, tetapi dia pernah kalah dan tak ingin orang lain mengulangi kekalahannya. Setidaknya itulah yang selalu aku terapkan ke pikiranku dan membuatku ingin berbagi. Sayangnya, berbagi dari satu mulut ke mulut lainnya itu cape. Apalagi kemampuanku berbagi itu sangat terbatas, Jadi, aku ingin menulisnya di blog yang bisa dijangkau banyak orang agar semakin banyak yang tertolong.

3.    Membuat Diri menjadi Lebih Baik

         Ketika kita coba membagikan pengalaman atau buah pikiran kita kepada orang lain, secara tak langsung kita juga belajar dari apa yang kita tuliskan. Kita menjadi sadar bahwa kita ini menakjubkan karena telah melampaui saat-saat tersulit dalam hidup, sampai berhasil membagikannya kepada orang lain.

         Selain itu, kita dapat menyalurkan emosi pada hal positif kalau kita ngeblog. Udah meringankan beban pikiran, dapat uang pula. Nikmat banget, ‘kan?

4.    Memperluas Pengetahuan

        Tema blog itu bermacam-macam, enggak cuma tentang sharing pribadi. Banyak tema yang butuh riset mendalam. Nah, artinya kita jadi banyak baca. Itu bagus buat menambah pengetahuan kita. Dari awalnya hanya butuh satu ilmu, bisa bercabang ke ilmu-ilmu lainnya.

       Tapi, selain dapat tambahan pengetahuan dari riset, kita juga bisa loh dapat pengetahuan tambahan dari blogwalking. Ingat, ya. Enggak ada tulisan yang enggak bermakna. Bahkan tulisan buruk sekalipun, memberi sebuah pengetahuan kepada kita kalau jangan membuat tulisan yang seperti itu.

5.    Mendapat Penghasilan Tambahan

        Dari tadi aku sering banget nyebut kalau blog bisa menghasilkan uang, padahal aku belum pernah mendapatkan penghasilan dari blog. Enggak masalah kok. Bagiku, ini semacam doa kalau suatu saat nanti, aku bisa mendapat jalan terbaik di bidang blogging dan mendapat penghasilan sendiri. Karena sebagai mahasiswa, aku enggak bisa kerja. Bukan enggak bisa sih, akunya saja yang malas. Tapi, lebih tepatnya aku takut pekerjaanku akan mengganggu kuliahku.

       Untungnya menulis itu berhubungan dengan kuliahku. Jadi, semakin banyak aku menulis, mengerjakan tugasnya jadi semakin lancar. 

6.    Obat Patah Hati

        Sedikit cerita saja, dulu aku pernah ngerasain sakit hati dan menuliskan semua isi hatiku di blog. Semua yang tertahankan, aku curahkan ke blog. Nulis sambil nangis, aku pernah. Nulis sambil marah, apalagi. Nulis sambil bahagia, sering banger dong. Pokoknya setelah selesai menulis, aku jadi lega. Dan ketika baca lagi, jadi bersyukur karena udah diberi kekuatan.

Daripada mikirin patah hati dan pikiran lari ke mana-mana, mending nulis di blog, ‘kan?

6 Alasan Ngeblog

Oke, jadi itulah alasan aku ngeblog. Ada yang sama? Atau kalian punya alasan yang lebih elitz dari ini? Yuk, sharing. Mari kita belajar bersama untuk menjadi lebih baik.

Fela Khoirul
Seorang gadis penuh teka-teki yang sedang berusaha menjadi lebih baik, melalui tulisannya. Memiliki ketertarikan pada skincare, mental health, dan relationship.

Related Posts

4 komentar

  1. Journal elit nih😄 first comen dapet apa wkwk?

    Stay berkembang ya, semoga aku ketularan rajinnya nih.
    Semangat nak elit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dapat ketjup manjah dari aku dong, wkwk.

      Awww makasih banyak Yul, kamu juga yahhhh

      Hapus
  2. Semangat terus ngeblognya..
    Mudah"an bisa dapat hasil yak dari blognya..
    terus bisa traktir aku deh..
    wkwkkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awwww, makasih Kak Ael. Awalnya seneng bacanya, tp pas baca akhirannya kok nyesek yeeee. Kak Ael yg kudunya traktir aku ey.

      Hapus

Posting Komentar