Review Buku Pasukan Mau Tahu (Misteri Pondok Terbakar)

2 komentar


Judul : Pasukan Mau Tahu (Misteri Pondok Terbakar)

Genre : Misteri (Novel Terjemahan)

Author : Enid Blyton

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Blurb :

Siapa yang membakar pondok Pak Hick?

Ada banyak tersangka:
Juru masak, Bu Minns; pesuruh, Pak Peeks; dan bahkan gelandangan tua. Tapi petunjuk-petunjuknyalah—jejak kaki mencurigakan dan secarik kain abu-abu—yang membawa Pasukan Mau Tahu ke arah yang tepat.

Kelima anggota Pasukan Mau Tahu bertekad untuk memecahkan misteri itu lebih cepat daripada Pak Goon alias si Ayo Pergi.

Biar kapok polisi sombong yang selalu mengusir-usir mereka itu!

Review :

Pasukan Mau Tahu (Misteri Pondok Terbakar) adalah salah satu serial novel terjemahan bergenre misteri karya Enid Blyton, penulis buku cerita anak berkebangsaan Inggris, yang juga berhasil go international dan disukai oleh berbagai kalangan pembaca.

Dipersembahkan dengan ciri khas yang sama seperti Lima Sekawan, serial novel ini juga meliputi petualangan sekelompok anak cerdas dan satu anjing dalam memecahkan misteri yang terjadi di sekitar mereka. Dimulai dari seri yang pertama, Misteri Pondok Terbakar. Tentu saja, sekalipun konsepnya mirip, novel ini membawa sensasi yang berbeda.

Lebih sejuk, ringan, dan tetap bikin penasaran!

Mau itu anak-anak, remaja, atau orang dewasa pasti akan mengakui magic yang bersinar dari Pasukan Mau Tahu. Terbukti dengan banyaknya cetakan ulang novel ini, sekalipun sang author telah meninggal dunia.

Dilihat dari gaya bahasa, Pasukan Mau Tahu memiliki style yang unik. Jelas dan lugas. Tidak berat, tetapi tidak bisa juga dikatakan ringan. Bagaimana cara penulis merangkai diksinya, seolah menyerap setiap pembaca langsung ke tempat kejadian. Memberikan khas daerah Eropa yang menari-nari di dalam pikiran.

Dengan menggunakan sudut pandang orang ketiga, penulis mengajak pembaca untuk ikut berpikir keras sambil mengenali tokoh-tokoh di dalam novelnya. Pembaca diberi kesempatan untuk berspekulasi, berpartisipasi, bertualang bersama mereka dalam menguak misteri pondok terbakar milik Pak Hick!

Dan serius, rasanya itu amazing.

Tidak hanya memutar otak, pembaca juga disuguhkan komedi yang mengocok perut. Tingkah konyol, upaya-upaya seru, dan adegan kocak mereka akan membuatmu terpingkal-pingkal. Bahkan dijamin, selesai membacanya pun kamu tetap akan ingat.

Konfliknya termasuk ringan, meski sama sekali tidak mengurangi unsur misteri yang memukau. Tidak adanya mature content membuat novel ini cocok untuk semua umur. Di samping itu, pengaruhnya yang mampu memacu cara kerja otak juga menjadikan Pasukan Mau Tahu sangat bermanfaat.

Lagi pula, pesan moral di dalamnya juga benar-benar dikemas dengan apik. Persahabatan, kerja sama, ajakan untuk menjadi anak-anak cerdas, dan bagaimana orang dewasa berperan di dalamnya.

Dijamin, deh, kamu tidak akan menyesal!
Fela Khoirul
Seorang gadis penuh teka-teki yang sedang berusaha menjadi lebih baik, melalui tulisannya. Memiliki ketertarikan pada skincare, mental health, dan relationship.

Related Posts

2 komentar

  1. bisa sedikit membayangkan isi bukunya dari membaca tulisan ulasan buku yang satu ini

    BalasHapus

Posting Komentar