Akulah Si Hebat

13 komentar
Tidak ada manusia yang sempurna. Sehebat apa pun dia, seberapa tinggi jabatannya, serta berapa banyak orang yang mengunggulkannya. Tetap saja manusia memiliki kekurangan-kekurangan yang tidak banyak ditunjukkan kepada orang lain.

Untuk kalian yang membaca tulisan ini, pernahkah kalian merasa bahwa terlalu banyak kekurangan yang kalian miliki sehingga membuat kalian kurang percaya diri? Jika pernah, jangan dulu bersedih. Percaya atau tidak, kalian adalah manusia yang paling hebat di muka bumi. Di saat orang lain merasa bahwa dirinya memiliki segalanya dan dapat melakukan semua hal yang dia inginkan, kalian yang merasa memiliki banyak kekurangan malah terus melakukan pembenahan diri atas rasa tidak percaya dirinya itu.

Tidak ada orang yang sepenuhnya kurang, pasti ada kekurangan dalam dirinya yang sengaja tidak ditunjukkan. Orang yang merasa bahwa dirinya memiliki banyak kekurangan hanya terlalu menerima setiap ucapan yang dilontarkan orang lain kepadanya dan terperangkap dalam ketidakbiisaan itu.

Kalian adalah seorang yang kreatif, si jenius yang tidak suka mengumbar kepandaian. Seberapa banyak orang yang berusaha menjatuhkan, kalian tetap berdiri tegak dan menjalani hidup dengan semangat. Mungkin kalian ada kekurangan dalam akademik, gerak tubuh, seni, ataupun yang lainnya. Namun, dari sekian banyak kekurangan itu, pasti ada barang sedikit saja hal yang dapat kalian lakukan dengan sangat baik.

Jangan dulu merasa bahwa apa yang kalian punyai tidak sebanding dengan hal yang dimiliki orang lain, buang pikiran itu jauh-jauh. Tanamkan pada dirimu, “Aku si hebat yang tidak burakah.”

Pada dasarnya tiap manusia pernah berada pada fase ketika merasa bahwa dirinya tidak dapat melakukan hal seperti yang dilakukan orang lain. Rumput tetangga lebih hijau dari rumput sendiri, mungkin ungkapan tersebut cocok untuk mendeskripsikan situasi ini. Keberhasilan yang kita lihat dari orang lain, tidak sepenuhnya didapatkan karena sebuah keberuntungan. Tanpa kita ketahui, terdapat perjuangan keras dan luka untuk mencapainya. Bukan berarti tak mungkin bahwa orang yang kita kira hebat, juga memiliki ketakjuban kepada kita. Jadi, daripada terus membandingkan diri kita dengan orang lain dan akan merasa semakin kecil, mari kita samakan persepsi. Cukup ingat bahwa hal yang kita irikan dari orang lain bukanlah keberhasilannya, tetapi caranya mencintai diri sendiri dan selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan Tuhan.

Percayalah, tidak ada yang lebih hebat dari seseorang yang mencintai dirinya sendiri. Dengan mencintai diri sendiri, kekurangan yang ada dalam diri masing-masing tidak akan berarti apa pun. Sedih wajar kala mengingat bahwa ada hal di diri kita yang tidak sempurna, tetapi biarkan senyuman melarutkan kesedihan tersebut. Jangan biarkan kekurangan membuatmu terperangkap pada ketakutan untuk terus berkembang. Itu tidak baik.

Sekarang cobalah untuk bangun dari posisi, tatap ke cermin. Katakan bahwa ‘Aku adalah si hebat. Kehebatanku tiada tanding, bahkan aku lebih hebat dari apa yang aku pikirkan’. Jika sudah, ulumkan senyuman semanis mungkin dan perlahan rasakan efek percaya diri terhadap yang kamu katakan. Mulailah aktivitas baru dengan semangat yang baru pula, tanpa lupa mencintai dirimu sendiri. Semoga tidak ada lagi anggapan bahwa kalian tidak dapat apa-apa karena kamu terhebat.
Fela Khoirul
Seorang gadis penuh teka-teki yang sedang berusaha menjadi lebih baik, melalui tulisannya. Memiliki ketertarikan pada skincare, mental health, dan relationship.

Related Posts

13 komentar

  1. 😊🤝👍, btw "burakah" itu apa ya kak?

    BalasHapus
  2. Suai kak.. “you are what you think” jadi positif ajaa, ngapain capek2 mikirin ketidaksempurnaan kita, toh emg gak sempurna ;) hehe

    BalasHapus
  3. Yang pasti setiap orang itu diciptakan Yang Maha Kuasa dengan memiliki keunisennya sendiri-sendiri.

    BalasHapus
  4. Tak ada individu yg serupa, 😊 menjadi diri sendiri sebaik mungkin
    Mantap Kak
    *salken dr Tokyo

    BalasHapus
  5. terima kasih untuk tulisannya. begitu berarti dan pesannya tersampaikan dengan baik.

    BalasHapus
  6. Tiap manusia diciptakan itu very limited edition..nggak ada yang persis sama...semua punya keunggulan dan kelemahannya masing-masing

    BalasHapus
  7. Pernah, saya selalu ga percaya diri, kak..

    Terimakasih penyemangatnya, ditunggu karya selanjutnya 👍

    BalasHapus
  8. Semoga bisa selalu bermuhasabah diri...

    BalasHapus

Posting Komentar