Google Search Console, Bikin Kamu Tahu Semuanya

Posting Komentar

Google Search Console
Google Search Console—adakah yang terbiasa dengan istilah tersebut? Ataukah ada yang dapat menerka sebenarnya apa yang disebut dengan Google Search Console?

Sebenarnya dari kata pembentuknya saja, kita sudah dapat menerka apa yang dimaksud dengan Google Search Console. Dimulai dari ‘Google Search’ yang berarti mesin pencarian informasi global yang selalu dapat kita andalkan ketika membutuhkan suatu informasi. Kemudian ada kata ‘console’ yang dalam kata nomina berarti ‘tempat mata’.

Mata diartikan sebagai organ vital untuk memantau dan menangkap makna dari suatu kejadian. Hal itulah yang mendasari fungsi Google Search Console sebagai alat untuk mengidentifikasi kinerja suatu blog dan memecahkan masalah terkait pengindeksan ke mesin pencarian Google.

Google juga menegaskan melalui laman Tentang SearchConsole bahwa Google Search Console merupakan layanan gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu pengguna dalam memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah kehadiran situs pengguna pada hasil penelusuran Google. Pengguna yang dimaksudkan oleh Google cukup beragam, meliputi pemilik bisnis, pakar SEO, administrator situs, dan developer web.

Keberadaan Google Search Console dalam sebuah web dapat memberi gambaran detail mengenai seberapa banyak orang yang mengunjungi artikel yang tampil di Google, inspeksi url, kata kunci terpopuler, cakupan, eksternal dan internal link, dan peringkat artikel dalam sebuah pencarian di Google.

Tampilan Google Search Console
Secara lengkap, bagaimana sih fungsi dari Google Search Console? Kalau kalian merasa penasaran, aku akan coba merangkumnya dari penjelasan yang aku dapatkan dari Kak Marita.

Memeriksa Kinerja Suatu Web

Tampilan utama pada Google Search Console memungkinkan seseorang mengetahui bagaimana kinerja dari website-nya. Mereka disuguhkan statistik web untuk mengetahui jumlah klik, total tayangan, Click Through Rate (CTR), posisi rata-rata, serta daftar query yang banyak dicari dalam sebuah blog.

Lebih lengkapnya, penjelasannya sebagai berikut.

·         Jumlah Klik

Pelaporan yang menunjukkan berapa banyak pengguna mengeklik artikel kita dalam satuan angka.

·         Total Tayangan

Pelaporan mengenai seberapa banyak suatu artikel tayang di Google.

·         Click Through Rate (CTR)

Presentase kinerja web yang diambil dari pembagian antara jumlah klik dan total tayangan.

·         Posisi Rata-rata

Posisi sebuah website di mesin pencarian Google.

·         Daftar Query yang paling banyak dicari

Google Search Console akan menampilkan kata kunci atau query yang paling banyak dicari dari sebuah website. Jika query tersebut diklik, akan terlihat jumlah penayangannya. Blogger juga dapat memanfaatkan query paling popular untuk menaikkan view artikel selanjutnya karena sudah tahu bagaimana selera para pencari informasi.

Inpeksi URL agar mudah terindeks ke Google

Di Google akan banyak artikel yang masuk dengan tema yang mirip. Hal itu berakibat pada tidak semua artikel dapat terindeks oleh Google. Namun, tidak perlu khawatir, adanya Google Search Console dapat membantu artikel kita agar lebih cepat terindeks ke Google.

Caranya dengan menyalin link artikel lalu tempelkan pada bagian Inspect URL. Jika muncul tulisan URL Is On Google, artinya artikel kita sudah terindeks ke Google. Akan tetapi, jika muncul tulisan URL Is Not On Google, kita harus klik request indexing agar artikel muncul di Google.

Lakukanlah cara ini setelah memposting sebuah artikel, supaya tulisan kita lebih mudah terindeks oleh Google.

Indeks Konten

Dalam Indeks, terdapat beberapa menu, yaitu cakupan, peta situs, dan penghapusan. Ketiga menu ini memiliki kegunaan masing-masing.

·         Cakupan: Menampilan keberadaan masalah pada suatu blog, serta mengidentifikasi masalah apa yang perlu diperbaiki.

·         Peta Situs: Mengetahui url terbaru pada sebuah situs, dengan cara mengirimkan peta situs terlebih dahulu ke Google Search Console.

·         Penghapusan: Jika kita sudah menghapus sebuah postingan, tetapi postingan tersebut masih muncul dan menyebabkan laman tidak ditemukan. Maka kita dapat meminta Google menghapuskannya agar tidak mengganggu kinerja blog.

Pengalaman Membaca

Google akan menilai kebergunaan situs blog ketika diakses dari ponsel. Jadi, penilaian kualitas blog tidak hanya dinilai dari mode web, tetapi juga dari mode seluler.

Pada bagian Pengalaman akan ditampilkan masalah yang muncul pada kebergunaan seluler, apakah termasuk dalam mobile friendly, serta detail masalah pada kebergunaan seluler.

Penyempurnaan Blog

Bagian ini akan memperlihatkan masalah pada blog kita, yang dapat diperbaiki kemudian. Namun, terkadang data yang muncul di blog tidak sesuai dengan yang ada di gambar. Jangan khawatir. Bukan berarti blog tersebut belum lengkap, hanya saja belum termasuk indikator yang tepat untuk blog.

Monitoring link yang Masuk

Terkadang banyak sekali link eksternal yang masuk ke blog, tanpa kita ketahui apakah link tersebut sesuai dengan blog kita atau tidak. Adanya backlink bukan sesuatu yang sepele karena menjadi salah satu aspek untuk menilai reputasi suatu website. Dan dengan menampilan link yang masuk melalui Google Search Console, kita dapat memonitor link mana saja yang berhak untuk masuk dan mana yang harus ditolak.

Nah, dari penjelasan seputar Google Search Console, tentu terlihat jelas bahwa keberadaaan Google Search Console sangat membantu para blogger untuk melihat traffic blognya. Apalagi laporan dari Google Search Console membantu seorang blogger dalam memperbaiki masalah yang muncul di blog.

Tanpa memasang Google Search Console, blogger hanya akan mengetahui seberapa banyak orang yang membaca dan berkomentar di postingannya. Namun, mereka tidak akan mengetahui statistik blog yang dapat membantu mereka dalam memecahkan masalah pada blog tersebut.

Demikianlah penjelasan seputar Google Search Console. Semoga dapat menambah pemahaman Kaum Elitz sekalian mengenai teknik ngeblog. Salam Elitz!

Fela Khoirul
Seorang gadis penuh teka-teki yang sedang berusaha menjadi lebih baik, melalui tulisannya. Memiliki ketertarikan pada skincare, mental health, dan relationship.

Related Posts

Posting Komentar