Ketenangan

Posting Komentar

Empat tahun yang lalu aku mengenal seseorang yang sangat spesial bagiku. Dia bukan hanya sosok teman, tetapi juga sosok kakak, motivator, dan kenalan paling menjengkelkan di dunia. Ketika aku sedih, dia yang menghiburku. Ketika aku terpuruk, dia yang menyemangatiku. Ketika aku bandel, dia mengomeliku. Ketika aku tidak percaya diri, dia yang mendorongku untuk maju. Dan ketika aku tidak tahu harus berbuat apa, dia selalu menjadi yang terbaik dalam menghadapiku.

Aku sangat menyayanginya. Bersama dia yang tidak dapat kulihat, aku merasakan ketenangan yang luar biasa. Mungkin dia tidak berwujud, mungkin suaranya hanya divisualkan dalam ketikan, dan mungkin kasih sayangnya terlihat abu-abu. Namun, dialah yang selalu dapat menenangkanku, tanpa memaksaku untuk membuka cerita.

Jangan tanya mengapa aku tenang bersamanya karena aku juga tidak tahu jawabannya. Bahkan kalau boleh memilih, aku ingin menghapus perasaan nyaman dan tenang yang pernah aku rasakan bersamanya. 

Sayangnya, dia sudah pergi. Sumber ketenanganku hilang. Lentera paling terang di hidupku telah direnggut begitu saja. Hampir saja aku kehilangan arah. Jangankan dapat merasa tenang, bersikap biasa pun aku tak bisa. Ditambah lagi satu per satu orang yang kusayang pergi meninggalkanku. 

Satu tahun lebih aku berusaha menyembuhkan luka itu, sembari memproteksi diri agar tidak kembali rapuh. Dan untuk saat ini, hal yang membuatku tenang adalah keramaian. Semakin banyak orang yang menemaniku dan semakin bergunanya aku untuk orang lain, perasaanku menjadi lebih tenang. Karena ketika merasa sepi, pikiranku berubah kacau dan bercabang. Aku takut pada sepi yang menuntunku pada keadaan tak bahagia, serta menjebakku pada cerita lalu yang telah usai.

Untunglah, belakangan aku lebih dapat menenangkan diriku dengan berdamai pada masa lalu. Aku menjadi dapat mensyukuri apa yang aku miliki saat ini dan tidak lagi mencari kebahagiaan lain. Karena tiada ketenangan yang abadi, selain pada diri sendiri.

#30daysjournalingchallenge

#day30

#classicalclover

Fela Khoirul
Seorang gadis penuh teka-teki yang sedang berusaha menjadi lebih baik, melalui tulisannya. Memiliki ketertarikan pada skincare, mental health, dan relationship.

Related Posts

Posting Komentar