Super Ngebut: Indihome Bantu Kemas Ulang Tari Gambyong Blora

kemas ulang Tari Gambyong Blora

Menjadi seorang fresh graduate yang kesehariannya tidak lepas dari kegiatan menulis, membuatku sering terlibat dalam kegiatan cari-mencari, terutama secara daring. Nah, baru-baru ini aku mendapatkan kabar dari seorang temanku melalui grup Whatsapp 'KUI Anyar' bahwa tugas kami yang digunakan untuk penliaian UAS, sedang diproses untuk memperoleh HAKI.

Icha--temanku yang memberikan informasi terkait HAKI--memberitahukan bahwa Undip akan menggelar Summer Cource Program yang bertema "Cultural Documentatiom: Preserving the Indigenous Knowledge Traces. Building the Future Citilization." 

Mengetahui informasi tersebut, aku langsung exited dan merasa bersyukur. Rupanya hasil jerih kami selama satu semester dan melalui penantian yang cukup panjang, terbayarkan dengan pencapaian yang jah dari ekspetasi kami. Informasi ini sekaligus mengingatkanku pada masa-masa matakuliah Kemas Ulang Informasi, di mana kami saling berbagi tugas untuk menyelesaikan project ini.

Kebetulan aku ditugaskan mencari informasi mengenai Tari Gambyong Blora beserta kaitannya sebagai media belajar Generasi Z jika informasinya dikemas dalam bentuk video. Akan tetapi, ketidaktahuanku mengenai tarian Jawa, membuatku bingung untuk memahami istilah dan gerakan yang ada pada Tari Gambyong Blora.

Untung saja setelah menelusur informasi di berbagai platform, terutama Youtube, informasi yang terkumpul cukup memberikan gambaran kepadaku mengenai Tari Gambyong Blora. Sedikit banyak penemuan informasi ini terbantu dengan akses internet super cepat dari Indihome sebagai Internetnya Indonesia.

Kemas Ulang Tari Gambyong Blora sebagai Media Belajar Generasi Z

Tari Gambyong merupakan salah satu tarian tradisional di Indonesia yang merupakan pengembangan dari Tari Tledek. Dahulu Tari Tledek berkembang di lingkungan rakyat. Namun, lambat laun dipertunjukkan pada acara besar di istana atau keraton. 

Tari Gambyong Blora

Dari masa ke masa, Tari Gambyong memiliki beberapa perkembangan. Pada awalnya Tari Gambyong merupakan interpretasi gerakan antara penari dengan penggendang, yang mana gerakan yang dihasilkan oleh penari disesuaikan dengan musik gendang. Lalu sekarang gerakan Tari Gambyong sudah lebih berkembang karena adanya daerah-daerah yang menciptakan tari kreasi, salah satunya Kabupaten Blora. Para seniman di Kabupaten Blora mengolaborasikan gerak-gerak pada Tari Tayub dan Gamblong, sehingga menjadi tari kreasi baru yang disebut Tari Gambyong Tayub.

Tari Gambyong Tayub tetap mempertahankan gerak pada Tari Tayub dengan Tari Gambyong yang telah ada di masyarakat Kabupaten Blora, tetapi teknik dan penyampaian gerakannya cukup berbeda. Dalam Tari Gambyong Tayub, karakter penyampaian gerakan menjadi hal yang membedakan tari ini dengan tarian kreasi yang lain karena tari kreasi yang lain hanya terfokus pada ragam gerak yang terstruktur.

Adapun unsur yang harus terbentuk dari Tari Gambyong Blora, meliputi:

  • Gerak
  • Musik Pengiring.
  • Tata Rias dan Busana.
  • Properti.
  • Tempat Pentas/Panggung.
Selengkapnya untuk lebih menggambarkan bagaimana Tari Gambyong Blora diperagakan, kalian dapat menonton video berikut ini.

Indihome: Internetnya Indonesia yang Jaringannya Ngebut Abis

Untuk menonton video tanpa ada kendala, tentu diperlukan akses internet yang super cepat dan hemat di kantong. Coba saja dibayangkan jika di tengah-tengah menonton video Tari Gambyong Blora, tiba-tiba saja internet kita tersendat-sendat, tentu hal tersebut sangat mengganggu kenyamanan dalam menonton. Belum lagi jika kuota menipis, tentu di sepanjang pemutaran video akan membuat kita was-was karena tidak tahu kuota kita tersisa berapa megabytes setelah menonton video.

Indihome merupakan layanan dari Telkom Indonesia yang di dalamnya terdapat beberapa produk yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, antara lain telepon rumah, internet, dan telepon interaktif. Indihome mengklaim bahwa ia merupakan solusi untuk internet yang cepat, berkelas, dan cerdas untuk aktivitas tanpa batas. 
  • Cepat
Dalam memberikan akses jaringan tanpa batas, Indihome meyediakan kecepatan internet yang cukup tinggi dan memungkinkan pengguna melakukan berbagai aktivitas daring, seperti menonton film dan bermain game, tanpa harus emosi pada jaringan yang tersendat-sendat. Kecepatan jaringan ini teruji dengan akses Indihome yang telah menyebar ke seluruh pelosok negeri.
  • Berkelas
Tidak main-main. Indihome tidak hanya menyediakan akses internet yang super cepat, tetapi juga memberikan layanan-layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Contohnya adalah channel-channel televisi internasional yang memungkinkan kita menonton siaran televisi tanpa parabola. Jika kita terkendala dengan antena yang kurang jelas, ada Usee-TV dari Indihome yang menyediakan tayangan dari berbagai stasiun televisi tanpa perlu menggunakan kabel antena. Hal ini menjadi kemudagan tersendiri bagi pengguna karena seluruh program Usee-TV terhubung langsung dengan akses internet yang super cepat. Jadi, gambarnya jauh lebih jernih dan pilihannya pun luas.
  • Cerdas
Cerdas dalam menyajikan layanan-layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta membuat masyarakat mampu menggenggam dunia meski hanya berada di dalam rumah. Bahkan layanan internet Indihome yang cepat dan merata juga dapat digunakan untuk mengakses media-media pembelajaran, sehingga proses belajar formal dan nonformal dapat dilakukan dengan baik.

Pengguna juga dapat memilih kecepatan internet berdasarkan kebutuhannya, dimulai dari 10 hingga 300 Mbps. Bahkan pengguna tidak perlu takut jika jaringan internet tidak sesuai karena dapat melakukan upgrade speed. Apalagi jaringan Indihome untuk satu rumah juga dapat dihubungkan pada beberapa PC dan user, yang membuat penggunaan internet menjadi lebih hemat. Jadi, tidak ada kata mahal 'kan untuk memperoleh akses Internetya Indonesia yang super cepat ini?

Indihome

Indihome Membantu Melestarikan Tarian Jawa

Informasi tentu tidak dapat diketahui hanya dengan menelusur di satu tempat saja. Sama seperti ketika mencari tahu mengenai Tari Gambyong Blora hingga berhasil mengemasnya dalam bentuk video, seluruh proses itu membutuhkan proses yang relatif panjang dan akses internet yang super cepat. 

Informasi mengenai Tari Gambyong Blora dikumpulkan dengan melihat gerakan-gerakan Tari Gambyong di Youtube lalu diintrepretasikan menjadi bentuk video. Dalam proses pengerjaan kemas ulang, membutuhkan kecepatan dan akses ulimited untuk mengumpulkan informasi yang tak terbatas. Bahkan untuk membagikan video tersebut ke Youtube dan media sosial pun tetap membutuhkan jaringan internet yang kuat.

Dengan akses intenet yang kuat dari Indihome, pengguna tidak hanya mengetahui informasi yang dibutuhkannya, tetapi juga dapat melakukan pelestarian budaya dalam bentuk daring. Internetnya Indonesia yang satu ini sangat mampu memberikan jawaban atas segala permasalahan, termasuk permasalahan yang rumit dan berada jauh di penjuru negeri. Terima kasih Telkom Indonesia.

Fela Khoirul
Seorang gadis penuh teka-teki yang sedang berusaha menjadi lebih baik, melalui tulisannya. Memiliki ketertarikan pada skincare, mental health, dan relationship.

Related Posts

Posting Komentar