Aku Ingin Mengubahnya

Posting Komentar

Ada banyak sekali hal yang ingin kuubah dari diriku, terutama tentang pikiran burukku yang terkadang berpengaruh besar pada mood-ku. Sikapku yang selalu berpikir macam-macam memang sangat menyebalkan dan pasti membuat banyak orang lelah. Aku gemar memikirkan sebuah hal dengan sangat dalam, hingga membiarkan otakku membayangkan hal paling buruk yang akan terjadi.

Salah satu contohnya adalah ketika aku menjalani hubungan yang dekat dengan seseorang. Aku mulai berpikir apakah orang itu akan terus ada di hidupku, sampai kapan hubungan ini akan bertahan, apakah dia dapat menerima sifatku sepenuhnya, bagaimana kalau kami semakin dekat dan kemudian bertengkar hebat, serta apa jadinya aku jika orang itu meninggalkanku. 

Aku sadar, pemikiran tersebut cukup baik sebagai bentuk kehati-hatian. Namun, kadang hal itu malah membuatku terlalu overthinking dan merusak keadaan yang sebenarnya sudah baik. Maka dari itu, aku ingin mengubah pikiran burukku menjadi pikiran yang lebih baik. Aku mencoba untuk tidak memikirkan sesuatu dengan sangat dalam dan berusaha mencari hal positif pada hal-hal yang sedang terjadi. Karena kebanyakan pikiran itu hadir ketika aku sedang bahagia-bahagianya, bukan ketika aku sedang bersedih. Dan aku ingin dapat menikmati masa bahagiaku dengan lebih baik.

Selain hal yang aku sebutkan di atas, aku juga ingin mengubah sikapku yang pemaksa. Sebenarnya bukan sembarang hal yang kupaksakan, tetapi aku kerap memaksa orang-orang untuk mengembangkan dirinya. Aku ingin mereka yang merasa 'kurang', dapat berjuang dan mencapai apa yang mereka impikan. Karena aku yakin, kemampuan seseorang tak terbatas. Ketidakmauan oranglah yang membatasinya. Namun, aku sadar bahwa keinginanku tidak sepenuhnya dapat dipandang baik oleh orang lain. Banyak dari mereka yang salah paham dan menimbulkan pertikaian di antara kami. Padahal niatku hanya untuk mendorong. 

Oleh karena itu, aku ingin dapat mengubah sikapku ini. Aku tidak lagi ingin memaksa mereka untuk meraih mimpinya, jika memang belum siap. Mungkin selalu ada untuk mereka saja sudah lebih dari cukup.

#30daysjournalingchallenge

#day20

#classicalclover

Fela Khoirul
Seorang gadis penuh teka-teki yang sedang berusaha menjadi lebih baik, melalui tulisannya. Memiliki ketertarikan pada skincare, mental health, dan relationship.

Related Posts

Posting Komentar