Menunjukkan Kasih Sayang

1 komentar

Bicara mengenai cara menunjukkan rasa sayang, mulanya aku berpikir bahwa aku tidak dapat melakukannya. Jujur saja aku sering kikuk dalam menunjukkan apa yang aku rasakan kepada orang lain, termasuk menunjukkan kasih sayang. Namun, seseorang pernah datang dan memberikan kasih sayang yang sangat luar biasa padaku. Aku terhanyut dan seperti akulah orang paling beruntung di dunia. Lantas, aku berpikir. Jika aku dapat sangat bahagia dengan rasa sayang ini, mengapa aku tidak coba mulai menunjukkan kasih sayangku kepada orang yang kusayangi.

Tentu praktik menunjukkan kasih sayang bukanlah hal mudah, mengingat dulunya aku orang yang kaku dan kurang dapat berempati terhadap sesama. Namun, dengan kasih sayang yang datang dari teman-temanku, aku menjadi terbiasa untuk menunjukkan kasih sayangku kepada orang yang kusayangi.

Teman-temanku itu sangat menyebalkan, mereka suka sekali menodong jajan padaku. Parahnya lagi, mereka selalu berkata bahwa hal yang disukai dari aku karena aku yang suka bagi jajan. Nah, apakah terdengar bahwa mereka suka memanfaatkan? Oh, sama sekali tidak. Jajan yang dimaksud hanya candaan ala kami. Aku memang suka membawakan mereka jajan karena ingin kami saling berbagi kebahagiaan dan kian dekat. Lagi pula, mereka juga suka membagi sesuatu padaku.

Aku rela melakukan apa pun demi mereka yang kusayangi, tidak peduli jika aku akan dirugikan atas hal ini. Ketika mereka perlu bantuan, sebisa mungkin aku membantunya. Ketika aku tidak dapat berbuat apa-apa, aku berusaha mencari cara lain dengan memberikan candaan ataupun olokan yang berguna untuk menurunkan kadar kesedihan mereka.

Satu hal yang paling tidak dapat aku ampuni dari diriku adalah ketika tanpa sadar menyakiti orang yang kusayangi. Meski selalu berusaha untuk bertutur kata baik, tetapi aku tetap makhluk biasa yang tanpa sadar melakukan hal khilaf. Ketika aku bermasalah dengan orang yang kusayangi, aku akan hilang arah. Aku tidak ingin kehilangan salah satu dari mereka yang kusayangi. Maka dari itu, aku selalu berusaha meminta maaf, meminta penjelasan, dan mengajak untuk tetap berhubungan baik. Ini salah satu caraku dalam menunjukkan kasih sayang, yakni berani mengalahkan ego untuk memperbaiki sesuatu yang merenggang. Karena menurutku, tidak seharusnya permasalahan membuat situasi menjadi keruh. Apalagi sampai berlarut-larut. Jika kita memang menyayangi, berarti juga harus memaklumi. Karena manusia ditakdirkan dengan logika dan perasaan yang berbeda. Jadi, tidak mungkin stagnan pada keadaan yang baik dan saling memahami.


#30daysjournalingchallenge⁣

#day7

⁣@classicalclover_

Fela Khoirul
Seorang gadis penuh teka-teki yang sedang berusaha menjadi lebih baik, melalui tulisannya. Memiliki ketertarikan pada skincare, mental health, dan relationship.

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar