Ulasan Cerita The Horse Whisperer

Posting Komentar


Ulasan Cerita The Horse Whisperer
oleh Fela Khoirul Ihsani

Orientasi

The Horse Whisperer merupakan sebuah cerita historical fiction karya Yuliana Yuyu yang mengambil latar di Inggris. Dikisahkan terdapat seorang putri bernama Andara yang mahir mengendalikan kuda dan membuat banyak orang kagum pada kehebatannya. Andara sendiri merupakan buah cinta terlarang dari seorang bangsawan Inggris dengan seorang gadis biasa asal Indian. Andara adalah gadis yang cantik, keras kepala, teguh pendirian, tidak suka menjadi pusat perhatian, dan selalu bermimpi memiliki perternakan kuda sendiri. Selain Andara, terdapat Nicolas yang merupakan seorang pangeran dari Kerajaan Horington. Terlihat angkuh dan selalu mencari cara agar kehendaknya dituruti, salah satunya untuk menjadikan Andara sebagai pelatih kudanya agar dapat memenangkan banyak perlombaan kuda. Tokoh antagonis pada cerita ini adalah Peter, seorang pangeran yang menyukai Andara dan sering menggunakan kelicikannya untuk memperoleh apa yang dia inginkan. Tokoh sampingan lainnya adalah Nicholette, Catherine, Thomas, George, Anthony, dan Mary.

            Cerita ini menggunakan alur maju, dilihat ketika pertemuan Nicholas dengan Andara ketika Nicholas berumur dua belas tahun sampai mereka tumbuh dewasa. Latar tempat yang digunakan adalah di Hutan Devonshire, Kastel Devonshire, istal, arena perlombaan, Hartington, dan Haywood. Latar waktu yang digunakan adalah sepanjang waktu. Sementara latar suasananya adalah tegang karena sebagian besar cerita ini membahas mengenai perlombaan kuda.

Tafsiran

            Cerita ini mengisahkan tentang perlombaan kuda antarkerajaan. Nicholas sang pangeran dari Hortington, memiliki perternakan yang hebat dengan ras Thoroughbred. Nicholas menginginkan kuda-kudanya memenangkan setiap derby yang diikuti. Hingga suatu ketika, Nicholas bertemu dengan Andara di Windsor Derby. Kepiawaian Andara dalam menakhlukan kuda hingga berhasil memenangkan perlombaan tersebut, membuat Nicholas menginginkan Andara di istalnya untuk melatih kuda-kudanya agar dapat memenangkan perlombaan. Akan tetapi, Andara menolak permintaan tersebut. Perilaku Andara yang tidak sopan, menarik kekesalan Nicholas. Dia pun makin gentar untuk menjadikan Andara sebagai joki di istalnya.

Ketika acara lelang kuda, Andara dan Nicholas kembali bertemu. Mereka memperebutkan seekor Mustang yang pada masa sebelumnya sudah dibuang oleh ayah Andara karena membuatnya hampir bangkrut. Andara menginginkan Mustang tersebut untuk kembali dijinakkan, meski tahu trauma masa lalu keluarganya. Akan tetapi, Nicholas yang memenangkan kuda tersebut. Nicholas mengajukan syarat kepada Andara jika gadis itu menginginkan Mustang yang telah dibeli Nicholas, Andara harus bekerja di istalnya. Awalnya Andara tidak setuju, tetapi setelah sang Mustang berulah dengan menggigit leher salah satu kuda kesayangan Nicholas, Andara bersedia tinggal di Hartington untuk menjinakkan sang Mustang.

Di Hortington, terjadi banyak hal yang memunculkan kedekatan antara Nicholas dan Andara. Ibu dan adik Nicholas sangat baik kepada Andara serta menginginkannya menikah dengan Nicholas. Konflik besar dari cerita ini adalah ketika Andara melanggar janjinya kepada ibu Nicholas dengan mengikuti perlombaan kuda yang membuat nyawanya hampir melayang ketika itu. Lalu terjadi pula kesalahpahaman antara Andara dan Nicholas yang membuat Andara sangat membenci Nicholas. Akan tetapi, mereka akhirnya bersatu dan melupakan kesalahpahaman yang pernah ada.

            Evaluasi

Cerita ini memiliki diksi yang sangat indah, tetapi tidak memberikan makna kiasan. Penceritaan kehidupan di kerajaan dengan sangat baik, mampu membawa pembaca untuk masuk ke dalam cerita. Penggambaran karakter yang kuat, membuat karakter dalam cerita ini menjadi lebih hidup. Penulis juga sangat pandai dalam membangun suasana menegangkan, terutama ketika terjadi perlombaan derby.

Meskipun demikian, cerita ini memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Penyebutan gelar yang tidak diberikan penjelasan di awal cerita, seperti Duke of Hartington, Earl of Devonshire, Marquis of Haywood, Milady, Milord, dan Your Grace, dapat membuat pembaca yang baru pertama kali membaca historical fiction Inggris menjadi bingung dengan makna penyebutan gelar tersebut.

Penggambaran bahwa Andara merupakan putri dari seorang bangsawan Inggris dengan perempuan asal Hindia, tidak disebutkan secara jelas pada cerita ini. Alasan mengapa ayah Andara dapat berhubungan dengan seorang gadis Hindia pun tidak disinggung sama sekali. Cerita terlalu berfokus pada Andara yang pandai mengendalikan kuda, sementara sisi-sisi lainnya dari Andara menjadi kurang diperinci.

Penyebutan ‘ayah’ atau ‘ibu’ pada narasi, tidak dijelaskan oleh penulis bahwa itu merupakan ibu atau ayah dari siapa. Penyebutan ini menjadi kekurangan dari cerita karena dapat membuat pembaca salah tafsir. Seharusnya disebutkan ibu Nicholas atau ayah Andara untuk mengurangi talah tafsir pada pembaca.

Terdapat juga beberapa kesalahan penulisan seperti dalam menuliskan kata ‘di’ dan ‘ke’. Selain itu, penulisan ‘namun’ yang seharusnya ditulis setelah tanda titik, malah ditulis setelah tanda koma. Beberapa kata ditemui belum baku dan salah ejaan. Ada pula kesalahan pengetikan, tetapi hanya sedikit dan tidak berpengaruh besar pada cerita.

Rangkuman

Tanpa mengesampingkan kekurangan yang ada, cerita The Horse Whisperer merupakan cerita yang sangat menarik untuk dibaca. Menggunakan penyebutan gelar khas kerajaan Inggris dengan penggambaran suasana yang begitu rinci, cerita ini terasa hidup. Apalagi untuk pembaca yang ingin mengetahui tentang kehidupan kerajaan di Inggris, cerita ini dapat menambah wawasannya. Jalan ceritanya pun sangat ringan dan tidak membuat pembaca bosan dengan masalah yang berbelit-belit karena penyelesaian masalah pada cerita ini langsung pada intinya.

#odop #odopbatch7 #ulasancerita #historical fiction #tugaspekan3

Fela Khoirul
Seorang gadis penuh teka-teki yang sedang berusaha menjadi lebih baik, melalui tulisannya. Memiliki ketertarikan pada skincare, mental health, dan relationship.

Related Posts

Posting Komentar